I am

Foto saya
a muslim, a daughter, a hard worker, a life-time scholar, a seeker, a friend, an enemy, a lover and proud to be a woman..

Sabtu, 26 Juli 2008

Sambal ala King =D


Hmmmm....Sabtu-sabtu gini, sudah merupakan tradisi dari anak perempuan keluarga Shahrir ini untuk masuk dapur. Pilihannya adalah masuk dapur, walau pun hanya untuk sekedar nyambal, atau selamanya didengungkan "Anak perempuan itu harus tau dapur! Jangan sampai kelak nanti kalau kamu menikah, ga bisa membedakan bumbu dapur! Kasihan suami kamu. Mau di taruh di mana muka Papa?!"


Dalam hati menjawab "Di situ aja, Pa. Udah bagus...ganteng lagi." Tapi tampilan luar hanya bisa menampilkan senyuman lebar, selebar senyum kuda, tanda rasa ga enak hati di protes orang tua. "Paling tidak..." lanjut Papa, "Seminggu sekali lah...kamu masakin buat Mama-Papa. Tiap weekend, ga berat kan? Ga perlu lah yang extravagant, yang penting kamu tau dapur. Nyambel pun engga apa-apa."


Well, setelah sekian lama dicemberutin oleh Ayah saya, akhirnya saya maksud dapur lagi. Tapi, sebenarnya kembalinya saya ke dapur bukan semata-mata karena dicemberutin oleh Ayah saya, melainkan beberapa hari ini setiap pulang kantor, di bawah tudung saji selalu ada sambal buatan Ayah saya yang mantab sekali. Sambal ini benar-benar bisa menambah selera makan, walau pun cukup dengan sajian ikan asin jambal dan nasi fresh from Magic Jar yang masih mengepul, rasanya NIKMAT betul!


Akhirnya tadi pagi, karena persedian sambal sudah habis..bis..bis.. saya pun merajuk kepada Ayah saya untuk dibikinkan lagi sambalnya yang mantab itu. Dan Ayah saya pun menjawab "Boleh aja, tapi tetep kamu yang harus meraciknya. Udah lama kan kamu ga masak buat Mama-Papa?"."Ok Dad, it's a deal!" Jawab saya sambil mengikutinya ke dapur.


And....Wham-Bham, thank you Ma'am (or in this case, Sir)!! Saya bisa tahu rahasia sambal Papa. Racikannya adalah sebagai berikut:


- 5 Siung bawang putih [ini tergantung dari ukuran bawang putih]

- Cabe rawit seraup [hmmmm.....]

- 2 sendok teh garam

- 1 buah belimbing wuluh

- 1/2 jeruk sambal, cincang

- Lalu, uleg maaaaaaaaannngg........!!!


Et voila, satu mangkuk kecil sambal ala King tersedia. dan cukup untuk jatah....paling tidak samapi besok =D!

1 komentar:

girle like me love to cheat on man mengatakan...

There's no place like home..ikan asin with sambel and family..mhhhmmm..what could been better than that? i call that heaven on earth